Hukum dan Kriminal

15 Advokat DPD FERARI Sumsel Resmi Diambil Sumpah

PALEMBANG, permatanews.com –Ketua Pengadilan Tinggi Palembang, Dr H Kresna Menon melakukan pengambilan sumpah terhadap 15 anggota Federasi Advokat Republik Indonesia (FERARI) Sumatera Selatan (Sumsel), di Aula Pengadilan Tinggi, Jalan Jendral Sudirman KM 3.5 Palembang, Senin (5/4/2021).

Dr H Kresna Menon menyampaikan, pengambilan sumpah advokat ini merupakan persyaratan utama untuk diangkat menjadi advokat.

“Advokat itu harus bisa mempertanggung jawabkan profesinya, baik secara hukum atau legal justice maupun kepada masyarakat atau social dyastase dan terakhir, pertanggungjawaban kepada dirinya sendiri moral justice,” imbuhnya.

Menurutnya, sebagai seorang advokat, tidak boleh menolak melakukan pembelaan atau memberikan jasa advokat kepada masyarakat.

“Kami tekankan kepada advokat, dilarang untuk memberikan sesuatu khususnya kepada hakim ataupun aparat peradilan. Atau pejabat lainnya, yang bertujuan untuk memenangkan atau menguntungkan lainnya, kami juga telah membentuk Zona Integritas, yaitu Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Berkreasi Bersih Melayani (WBK WBBM),” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Perwakilan Pusat (DPP) FERARI, Prof H Teguh Samudera melalui Wakil Ketua Umum, Bambang Sri Pujo Sakti SH MH mengatakan, advokat yang baru dilantik ini, diharapkan dapat menganalisa dan mendampingi masyarakat yang tidak mampu saat berhadapan dengan hukum.

“Kami menitik beratkan advokat FERARI untuk membela masyarakat, karena terkadang hukum itu tumpul ke atas tajam ke bawah. Sebagai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), setiap advokat, wajib mengikuti penyumpahan, untuk memenuhi surat edaran Mahkamah Agung (MA) bahwa advokat harus di sumpah, Dari itu FERARI akan hadir membantu masyarakat yang terzolimi, untuk mendapatkan keadilan,” ujar Wakil Ketua Umum, Bambang Sri Pujo Sakti, didampingi Ketua DPD FERARI Sumsel, Suwito Winoto, saat diwawancarai wartawan.

Salah satu advokat FERARI yang baru dilantik, Jamak Udin SH, mengatakan bahwa dirinya siap membantu masyarakat, apapun keadaannya dalam memperjuangkan keadilan.

“Saya tidak akan tebang pilih dalam memilih klien. Saya siap mendampingi masyarakat yang memperjuangkan keadilan,” pungkasnya. (Alfy)

hermansyah
the authorhermansyah

Tinggalkan Balasan