Ekonomi

Chaerul Minsyar SE MSi: Donor Darah Wujud Kepedulian Sosial dan Kemanusiaan

Plt Camat Kertapati Palembang, Khaerul Minsyar SE MSi

PALEMBANG, permatanews.com – Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Keputusan Anda untuk menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan, atau bahkan beberapa nyawa sekaligus. Namun, tidak hanya menguntungkan bagi penerima darah, manfaat donor darah juga bisa dirasakan bagi pendonornya.

Kali ini, Kegiatan sosial donor darah dari Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Palembang yang merupakan Kolaborasi antara Pegawai Kecamatan dengan warganya yang bertempat di gedung Serba Guna Kecamatan Kertapati Palembang Provinsi Sumsel, Sabtu (10/4/2021).

Plt Camat Kertapati Palembang Khaerul Minsyar SE MSi mengatakan, kegiatan donor darah tersebut merupakan program rutin yang diadakan oleh PMI Kota Palembang setiap tahunnya diselenggarakannya sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan.

“Allhamdulillah masyarakat sangat antusias sekali dan juga penuh kesadaran mengikuti donor darah yang diselenggarakan oleh PMI Palembang,” katanya.

Kegiatan yang dilaksanakan PMI ini, lanjut Chaerul, Donor darah yang diselenggarakan setiap tahunnya meningkat. Kegiatan ini sangatlah baik dimana dapat membantu pihak-pihak yang membutuhkan.

“Pada Tahun 2019 jumlah peserta donor darah berkisar 70 orang sedangkan ditahun 2020 sebanyak 90 orang. Untuk di tahun 2021 ini dengan jumlah 120 orang. Kegiatan ini sangatlah baik dimana dapat membantu pihak-pihak yang membutuhkan,” tandasnya.

Dikatakan Chairul, untuk masyarakat yang hendak mendonorkan darahnya terlebih dahulu mendaftar ke petugas laku kemudian diperiksa terlebih dahulu kondisi sehingga nantinya darah yang didonorkan betul-betul bisa digunakan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Sebelum dilakukan pengambilan darah dari pedonor terlebih dahulu dicek kesehatan oleh petugas PMI Kota Palembang baik itu Hemoglobil yang normal (HB), tensi darah serta berat badan,” ujarnya sembari menyebutkan setiap kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Kertapati ini masing-masing mengirim peserta donor darah sebanyak 10 orang dengan batas usia 18 – 56 Tahun.

Di tempat yang sama, peserta donor darah yang juga sebagai Pimpinan Redaksi (Pimred) media online ini, Arman menyampaikan dimana dirinya baru kedua kali nya melakukan donor darah. Ia berharap dari setitik darah yang didonorkan dapat membantu menyelamatkan hidup orang lain.

“Kegiatan ini diharapkan sebagai motivasi kita sehingga kedepannya menjadi semangat untuk mengulurkan tangan membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan darah yang kita donorkan. Karena setetes darah kita sangat berharga untuk orang lain,” pungkasnya. (Arman)
hermansyah
the authorhermansyah

Tinggalkan Balasan