Hukum dan Kriminal

Dana Covid-19 Bakal Benamkan Oknum Kades 7 Tahun Penjara

http://permatanews.com [Hakim PN Palembang, Sahlan Effendi SH MH]

PALEMBANG, permatanews.com – Oknum Kepala Desa (Kades) Sukowarno Kabupaten Musi Rawas, terdakwa Askari (43) ini dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan pidana penjara 7 Tahun Penjara karena dinyatakan bersalah melakukan tindak pindana penyelewengan dana Covid-19.

Hal tersebut dikatakan JPU Kejaksaan Negeri Lubuk Linggau, Sumar Herti SH pada persidangan yang digelar secara virtual Senin (12/4/202) diketuai Majelis hakim Sahlan Effendi SH MH.

Selain pidana penjara, lanjut JPU Sumar Herti SH, terdakwa Askari juga dibebani agar membayar uang pengganti sebesar Rp187,2 Juta. Dengan ketentuan apabila tidak dibayar dalam waktu satu bulan setelah putusan berkekutan hukum tetap maka harta benda nya akan disita, jika tidak mencukupi maka diganti dengan pidana penjara selama 2,5 tahun.

“Hal-hal yang memberatkan terdakwa Askari karena sebagian dana digunakan terdakwa untuk bermain judi, main perempuan dan membayar hutang serta terdakwa juga menghambat program pemerintah dalam pemberantasan Korupsi serta menimbulkan kerugian negara. Maka dari itu terdakwa Askari didakwa dengan dakwaan Primer Pasal 2 Ayat (1) Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan UU Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 18 UU Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan UU Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Tipikor,” pungkasnya. (Arman)

hermansyah
the authorhermansyah

Tinggalkan Balasan